TEMU KONSULTASI MGMP PAI SMK TK NASIONAL

guru mgmp PAI SMK

Kegiatan ini dilaksanakan dari hari Sabtu s.d Senin, 16 s.d 18 Juni 2012 bertempat di Hotel Horison Jl. KH. Noer Ali , Bekasi 17148 Jawa Barat. Acara ini dibuka langsung oleh bapak Dr.H.M.Amin Haedar, M.Pd Direktur Agama Islam Kementerian Agama dengan tema “ Melalui Temu Konsultasi MGMP Pendidikan Agama Islam Tingkat Nasional Direktorat PAI Kementerian Agama RI , Kita Tingkatkan Kemampuan Dalam Membimbing, Mengevaluasi dan Memotivasi Guru PAI”. Adapun program Dit Pais adalah Program peningkatan kwalitas pendidikan guru minimal S1 dan Program pemenuhan sarana dan prasarana .

Materi pertama tentang Peran dan Fungsi MGMP dalam Peningkatan Kompetensi Guru PAI SMK disampaikan oleh bapak Prof.Dr.Mulyani, M.Pd . Adapun isinya tentang Fungsi dan peran MGMP-PAI yaitu Membina profesi guru PAI :

Menghimpun anggota MGMP ke dalam organisasi profesi

Menyusun AD/ART organisasi

Menyusun berbagai stadar profesi

Menyusun kode dan menegakkan etik profesi

Mengembangkan dan melindungi sistem sertifikasi kompetensi profesi

Menegakkan profesi

Materi kedua tentang Penguatan MGMP PAI SMK disampaikan oleh Prof.Dr.Rusmin Tumanggor, MA. Adapun isinya tentang :

a. MGMP PAI RUH PENGEMBANGAN PAI PADA SEKOLAH

b. MGMP PAI PASTI BANYAK TANTANGANNYA

c. KETAHANBANTINGAN MODAL KESUKSESAN

d. TIADA GADING YANG TAK RERTAK, NAMUN DISOSOKNYA TERUKIR KATA MUTIARA “GAJAH MATI MENINGGALKAN GADING” BERMAKNA PERADABAN YANG HIDUP SEPANJANG SEJARAH, TAK LUNTUR KENA SINAR TERIK, TAK HANYUT OLEH HUJAN, TAK

TEROBANGAMBING OLEH GELOMBANG, DAN MATI BERJUANG TANPA TANDA JASA. ITULAH FIGUR MGMP PAI SMK.

e. SELAMAT BERJUANG DENGAN BIJAK, ALLAH PASTI SENYUM, TKS WS WB

Materi ketiga tentang Sosialisasi Bantuan dan Beasiswa disampaikan oleh Dr.Nifsari Muh Nir, M.Pd Kasubdit Pais pada SMP . Adapun isinya tentang Program Peningkatan Kompetensi Dit.Pais :

1. Sertifikasi GPAI

2. PKG

3. FKG/KKG/MGMP

4. Pokjawas

5. Peningkatan kompetensi dan wawasan

Materi keempat tentang Pengembangan Standar Pendidik PAI disampaikan oleh Drs.H.Syafrizal, M.Si Kasubdit Pais pada SD. Adapun isinya tentang Gebyar dan Pencitraan Kementerian Agama yang isinya Lomba Pemilihan Guru Pendidikan Agama Islam Berprestasi untuk tingkat SMK isinya tentang PTK, untuk tingkat SMA isinya tentang Berbasis ICT, untuk tingkat SMP isinya tentang guru yang Kreatif & Inovatif, untuk tingkat SD isinya tentang Pembuatan alat peraga pada PAI.

Materi kelima tentang Permasalahan Pelaksanaan Sertifikasi dan Peningkatan Kualitas Guru disampaikan oleh Dr.Chairul Akmal, SE,MM Kasubdit Pais pada SMK isinnya bahwa PP 55 bahwa pendidikan agama ada di Kementerian Agama bukan di Kementerian Pendidikan Nasional. Sertifikasi yang dilakukan mulai tahun 2007 yaitu pengumpulan porto polio kemudian tahun 2009 terjadi pemisahan antara guru PAI (index 49) & guru madrasah (index 47 & 48) kemudian tahun 2010 terakhir syaratnya dengan porto polio karena tahun 2011 berubah menjadi PLPG dan tahun 2012 berubah dari masa kerja menjadi berdasarkan tgl lahir dan pakai Ujian Kompetensi Awal (UKA)

Materi keenam tentang Diskusi dan sharing dipandu oleh Dr.Halfian Lubis,SH, MM dibagi menjadi tiga komisi adapun Komisi I tentang Penguatan Kelembagaan MGMP PAI SMK , Komisi II tentang Pengembangan Program MGMP PAI SMK, Komisi III tentang Kriteria Guru Inti PAI SMK

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: