Keluarga Sakinah Saling Memberi Ruang dan Memberdayakan

Berada di rumah, dekat dengan istri dan anak-anak adalah momen yang paling membahagiakan. Kunci sukses dalam membentuk Keluarga yang Sakinah adalah limpahan cinta kasih dari seluruh anggota ke anggota keluarga lainnya. Semua anggota keluarga harus mempunyai Sharing Values (berbagai nilai) sehingga dapat menciptakan keluarga yang sakinah.

Hendaknya pasangan suami istri harus aktif dalam mengarahkan anak-anak dalam berbagai aktivitas.Setiap anggota harus memiliki pengabdian keIllahian

(عِبَا دُ الرَّ حْمَانِ). Penanaman nilai-nilai dasar keagamaan dan sosial memiliki arti sangat penting dalam pendidikan anak. Sesuai Sabda Rasululloh SAW:

كُلُّ مَوْلُدٍ يُوْلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَنِهِ أََوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ ~رواه مسلم

Artinya : ”Setiap anak yang dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci) , kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi (HR. Muslim)

Mendidik anak secara baik dan benar memang bukan pekerjaan gampang (bukan hanya tugas ibu saja tetapi peran seorang bapak juga ada didalamnya). Mendidik anak bukan seperti pekerjaan merawat mobil atau memelihara binatang piaraan. Anak-anak perlu diberi kepercayaan dan kebebasan sendiri untuk memilih, serta tidak harus diatur terus menerus apalagi dicurigai. Ketika mereka tidak terbiasa dengan kebebasan, akibatnya mereka tidak akan pernah punya kesempatan dan kemampuan untuk memilih dan bertanggung jawab. Kebebasan mereka harus selalu dibekali dengan bimbingan orang tua. Firman Allah SWT dalam Q.S. At Tahrim ayat 6 berbunyi :

clip_image002

 

Rahima

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: