APA ITU GENDER

Gender

APA ITU SEKS (KODRAT)?

Perbedaan biologis laki-laki dan perempuan yang mengacu pada jenis kelamin.

PEREMPUAN: – Vagina, rahim, selaput dara, kelenjar susu

clip_image003Potensi untuk produksi sel telur, haid, hamil, melahirkan

LAKI-LAKI       : – Penis, Testis

– Potensi untuk produksi sperma, ereksi, ejakulasi, inseminasi

PERBEDAAN PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI YANG RELATIF

mencakup perbedaan struktur tulang, kekuatan dan ukuran tubuh, serta kondisi otot.

APA ITU GENDER?

Gender adalah pembagian peran serta tanggung jawab baik laki-laki maupun perempuan yang ditetapkan oleh mayarakat maupun budaya.

BAGAIMANA SIFAT GENDER?

Pembedaan yang dibentuk oleh masyarakat ini bersifat:

– bisa dipertukarkan

– bisa berubah sesuai ruang dan waktu

– bukan kodrat dari Allah

– buatan masyarakat

PERAN GENDER ATAS PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI:

Adalah pembedaan peran laki-laki dan perempuan yang merupakan hasil konstruksi sosial budaya yang menyangkut posisi, hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan yang mengarah pada perilaku khusus yang dianggap layak untuk seorang laki-laki dan perempuan.

PEREMPUAN
LAKI-LAKI

SIFAT
FEMININ MASKULIN
FUNGSI REPRODUKSI PRODUKSI
RUANG LINGKUP DOMESTIK PUBLIK
PERAN PENCARI NAFKAH TAMBAHAN PENCARI NAFKAH UTAMA

MENGAPA GENDER DIPERMASALAHKAN?

Karena pembedaan gender ini lama kelamaan menimbulkan peran gender yang selanjutnya mendorong munculnya diskriminasi dan ketidakadilan gender

DISKRIMINASI GENDER:

Terjadi bila perempuan dan laki-laki diperlakukan berbeda dalam keluarga, lingkungan kerja dan atau masyarakat karena alasan-alasan perbedaan biologis dan pola sosialisasi; yang menyebabkan salah satu jenis kelamin (umumnya perempuan) berada dalam posisi tidak setara atau dirugikan dalam perbandingan relatifnya dengan jenis kelamin lainnya (umumnya laki-laki)

KESETARAAN GENDER:

Mengacu pada status, hak-hak dan tanggung jawab yang sama untuk semua perempuan dan laki-laki, serta mengacu pada hak-hak yang seimbang unuk memperoleh perlakuan yang sama

KEADILAN GENDER:

Kekhasannya dibandingkan dengan kesetaraan gender adalah bahwa keadilan gender menyatakan kemungkinan perlakuan yang berbeda pada laki-laki dan perempuan, tetapi hal tersebut dilakukan dalam upaya atau dengan tujuan untuk mengaakhiri ketidaksetaraan serta untuk mengembangkan kemandirian.

BENTUK-BENTUK KETIDAKADILAN GENDER
  1. SUBORDINASI

Atau penomorduaan, disini berhubungan dengan hal politik, proses pengambilan keputusan dan pengendali kekuasaan. Beranggapan salah satu jenis kelamin (laki-laki) lebih penting atau lebih utama dibanding dengan jenis kelamin yang lain (umumnya perempuan)

  1. Marginalisasi

Atau peminggiran, hal ini berhubungan dengan akses ekonomi perempuan dan laki-laki. Dengan hanya menghargai laki-laki sebagai “kepala rumah tangga” dan konsep industrialisasi “mendapatkan untung sebanyak-banyaknya dengan upah semurah-murahnya” secara sistematis berakibat peminggiran dan pemiskinan salah satu jenis kelamin (umumnya perempuan).

  1. STEREOTYPE

Atau label yang merugikan bagi perempuan dan laki-laki merupakan atu bentuk ketidakadilan budaya yang berakibat pada posisi dan kondisi perempuan dan laki-laki.

  1. BEBAN BERLEBIHAN

Beban berlebihan ini lebih banyak dirasakan oleh perempuan yang bekerja di sector publik tapi masih bertanggung jawab penuh pada pekerjaan domestik (dianggap kewajiban)

  1. KEKERASAN

Kekerasan terhadap permpuan yang didasarkan pada gender muncul dalam berbagai bentuk. Kekerasan secara fisik seperti pemerkosaan, incest, pemukulan dan penyiksaan, bahkan pemotongan alat genital perempuan (dikenal sebagai sunat perempuan). kekerasan dalam bentuk nonfisik seperti pelecehan seksual, menutup akses bagi perempuan, menciptakan ketergantungan dan sebagaianya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: