DRAFT JUKNIS USBN PAI TAHUN 2011 DKI JAKARTA

USBN PAI

BAB …….

PENYELENGGARAAN USBN-PAI

Pasal 1

Persyaratan Calon Peserta USBN-PAI

1) Peserta adalah siswa yang beragama Islam kelas terakhir yang terdaftar pada satuan pendidikan

2) Untuk mengikuti USBN-PAI, peserta harus memiliki buku laporan penilaian hasil belajar pada satuan pendidikan;

3) Peserta USBN-PAI karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti USBN-PAI di satuan pendidikan yang bersangkutan, dapat mengikuti USBN-PAI di satuan pendidikan lain pada jenjang dan jenis yang sama atau pada tempat lain yang ditentukan sebagai penyelenggara ujian;

4) Peserta USBN-PAI yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti USBN-PAI utama dapat mengikuti USBN-PAI susulan sesuai aturan sekolah;

Pasal 2

Penyelenggara USBN Pendidikan Agama Islam

Penyelenggara USBN-PAI terdiri dari:

1) Penyelenggara USBN-PAI Tingkat Pusat;

2) Penyelenggara USBN-PAI Tingkat Provinsi;

3) Penyelenggara USBN-PAI Tingkat Kabupaten/Kota; dan

4) Penyelenggara USBN-PAI Tingkat Satuan Pendidikan;

a. Penyelenggara USBN-PAI Tingkat Pusat bertanggung jawab untuk:

1) menyusun dan menetapkan Pedoman Penyelenggaraan USBN-PAI;

2) menetapkan kisi-kisi soal USBN-PAI;

3) menyusun dan menetapkan 25% butir soal (anchor item) USBN-PAI;

4) mengkoordinasikan kegiatan pemantauan USBN PAI;

5) melakukan pelatihan penyusunan soal USBN PAI;

6) melakukan pemantauan dan supervisi pelaksanaan USBN PAI dengan melibatkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Litbang Kementerian Pendidikan Nasional, DPR RI, dan Lembaga Independen lainnya;

7) mengevaluasi pelaksanaan USBN PAI; dan

8) melaporkan pelaksanaan USBN PAI kepada Menteri Agama dan Menteri Pendidikan Nasional.

b. Penyelenggara USBN-PAI Tingkat Provinsi bertanggung jawab untuk:

1) mensosialisasikan penyelenggaraan USBN-PAI di wilayahnya;

2) menyusun dan menetapkan 75% butir soal USBN PAI di wilayahnya;

3) menetapkan penulis, penelaah, dan perakit soal USBN PAI;

4) mengkoordinasikan pelaksanaan USBN PAI di wilayahnya;

5) menetapkan SMA, dan SMK penyelenggara USBN-PAI;

6) memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan USBN-PAI di wilayahnya;

7) menghimpun hasil USBN-PAI di wilayahnya;

8) mengirimkan hasil USBN-PAI ke penyelenggara tingkat pusat; dan

9) melaporkan pelaksanaan USBN-PAI di wilayahnya kepada penyelenggara tingkat pusat.

c. Penyelenggara USBN-PAI Tingkat Kabupaten/Kota bertanggung jawab untuk:

1) mensosialisasikan penyelenggaraan USBN-PAI di daerahnya;

2) mengkoordinasikan pelaksanaan USBN-PAI di daerahnya;

3) mendata dan menetapkan calon peserta USBN-PAI di daerahnya;

4) menetapkan pengawas USBN-PAI di daerahnya;

5) menetapkan SD dan SMP penyelenggara USBN-PAI;

6) menjamin kejujuran dan objektivitas pelaksanaan USBN-PAI;

7) memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan USBN PAI;

8) mengirimkan hasil USBN-PAI ke penyelenggara tingkat Provinsi;

9) melaporkan penyelenggaraan USBN PAI di wilayahnya kepada penyelenggara tingkat Provinsi.

d. Penyelenggara USBN-PAI Tingkat Satuan Pendidikan bertanggung jawab untuk:

1) melakukan pendataan calon peserta USBN PAI;

2) mengusulkan pengawas USBN-PAI kepada penyelenggara tingkat Kabupaten/Kota

3) mengamankan dan menjaga kerahasiaan soal USBN PAI dan dokumen pendukungnya;

4) melaksanakan USBN-PAI sesuai dengan Pedoman USBN-PAI;

5) menjamin kejujuran dan objektivitas pelaksanaan USBN-PAI;

6) menggandakan naskah soal USBN-PAI

7) melakukan penilaian dan skoring USBN-PAI

8) melaporkan hasil nilai dan penyelenggaraan USBN-PAI kepada penyelenggara tingkat Kabupaten/Kota

Pasal 3

Ruang Lingkup dan Bahan USBN Pendidikan Agama Islam

1. Aspek Kognitif

Aspek kognitif diukur dengan ujian tulis yang disusun berdasarkan Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) PAI dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Mengidentifikasi SKL Mata Pelajaran PAI dari masing-masing SK/KD pada Standar Isi (SI) sesuai dengan Permendiknas Nomor 22 tahun 2006;

b. Merumuskan bahan naskah soal USBN-PAI dengan melibatkan pengawas PAI, guru mata pelajaran PAI, dan akademisi;

2. Aspek Psikomotorik

Ujian praktik dilakukan untuk mengukur aspek psikomotor peserta didik melalui tes perbuatan, dengan ketentuan meliputi ibadah shalat, membaca al-Qur’an, dan aspek-aspek lain sesuai dengan tingkatan sekolah

3. Aspek Afektif

Pengujian aspek afektif dilakukan melalui pengamatan terhadap pengamalan akhlak peserta didik oleh guru mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Pasal 4

Penyiapan Bahan Ujian Sekolah Berstandar Nasional PAI

1. Penyelenggara tingkat provinsi menyusun naskah soal sebanyak 75% butir soal sesuai dengan kisi-kisi soal USBN-PAI Tahun Pelajaran 2010/2011 dari Tingkat Pusat;

2. Komposisi soal dan alokasi waktu USBN-PAI adalah sebagai berikut:

No Tingkat Bentuk Soal Jml Alokasi Waktu
Pilihan Ganda Isian Singkat Uraian
1 SD 50 50 90 menit
2 SMP 50 50 90 menit
3 SMA/SMK 50 50 90 menit

3. Merakit Naskah Soal USBN-PAI dengan cara menggabungkan 25% butir soal yang disiapkan oleh Tingkat Pusat dengan 75% butir soal yang dibuat Penyelenggara Tingkat Provinsi;

4. Menata layout dan tata letak Master Naskah Soal USBN-PAI

Pasal 5

Jadwal Ujian USBN-PAI

1. USBN-PAI dilakukan satu kali, yang terdiri atas USBN-PAI Utama dan USBN-PAI Susulan;

2. USBN-PAI dilaksanakan oleh satuan pendidikan secara serentak se-provinsi DKI Jakarta;

3. USBN-PAI dilaksanakan sebelum Ujian Nasional (UN);

4. Jadwal USBN-PAI disesuaikan dengan jadwal US satuan pendidikan

Pasal 6

Pemantauan, Evaluasi, dan Pelaporan USBN-PAI

Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan USBN-PAI dilakukan oleh Penyelenggara Tingkat Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota sesuai dengan tugas dan kewenangannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: