SEKILAS SEJARAH BERDIRINYA ASOSIASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INDONESIA ( AGPAII ) & DIKUKUHKANNYA DPW AGPAII PROVINSI DKI JAKARTA PERIODE 2009 s.d 2013

Logo AGPAII

Perkiraan pada bulan Maret 2007, Direktur Pendidikan Islam pada Sekolah (Dir PAIS) mengadakan kegiatan di Hotel Cipayung Bogor. Kegiatan yang difasilitasi oleh Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Dir PAIS ini, mengundang seluruh elemen guru pendidikan agama islam di sekolah umum ini mewakili Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) di SD, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP, SMA, dan SMK seluruh Indonesia.

Hasil dari kegiatan tersebut adalah terbentuknya kepengurusan KKG PAI, MGMP PAI SMP, SMA, dan SMK tingkat nasional (SMA/SMK) masih disatukan. Dan yang paling krusial adalah disepakatinya pembentukan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam se- Indonesia atau AGPAII. Hal ini didasarkan atas Undang-Undang Guru dan Dosen yang memungkinkan guru membentuk asosiasi sendiri. Pertemuan tersebut sempat menunjuk ketua dan beberapa pengurus serta koordinator wilayah.

Secara struktur dan pembinaan, KKG, MGMP PAI dari SD, SMP, SMA/SMK berada di bawah binaan Dir PAIS. Salah satu kegiatan pembinaan Dir PAIS adalah melakukan pembinaan profesionalitas kepada para guru melalui KKG dan MGMP PAI. Sehingga KKG dan MGMP mendapatkan support dari Dir PAIS dalam setiap kegiatannya. Sementara Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam se Indonesia atau AGPAII merupakan organisasi komunikasi bagi KKG dan MGMP PAI di semua jenjang. Yang kepengurusannya sesuai AD/ART dibentuk hingga ke tingkat kota/kabupaten. Selain itu AGPAII menjadi mitra bagi Dir PAIS dalam membangun profesionalisme di kalangan Guru Agama Islam.

Untuk memantapkan posisi organisasi AGPAII, pada tanggal 25 hingga 27 Agustus organisasi ini melaksanakan kongresnya yang pertama. Bertempat di SLB Pembina Jakarta, pembukaan Kongres Nasional I AGPAII dilaksanakan di Balai Agung Provinsi DKI Jakarta. Dan dihadiri perwakilan KKG dan MGMP PAI dari 18 provinsi, Kongres Nasional tersebut mengukuhkan kepengurusan AGPAII dan mensahkan posisi organisasi yang strategis.

AGPAII dibentuk pertama kali di tingkat pusat. Karena itu AGPAII membutuhkan jaringan di tingkat wilayah sebagai bagian dari perjuangan untuk mewujudkan visi pendidikan agama dan organisasi yaitu membangun manusia Indonesia yang berakhlak dan mewujudkan kualitas dan profesionalitas guru agama. Pembentukan jaringan ini membutuhkan bantuan dan kesamaan persepsi dari semua pihak. Hal tersebut untuk membangun sinergis antara organisasi AGPAII baik di tingkat pusat maupun daerah dengan instansi terkait. Dalam hal ini Dir PAIS, Kanwil, Kandepag cq Mapenda. Akhirnya, sekali lagi mari kita bangun sinergi antara AGPAII dan Mapenda dalam rangka membangun pendidikan agama dan guru agama yang berkualitas.

Pengurus AGPAII DKI

Dengan menyebut Asma-Mu Ya Allah, Alhamdulillah AGPAII Provinsi DKI Jakarta terbentuk dan dikukuhkan oleh ketua umum AGPAII Pusat Bp. Drs. Afrizal Abuzar di Aula Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Lantai IV Jln. Proklamasi No. 51 Menteng Jakarta Pusat bertepatan dengan Seminar Sehari tentang Fatwa Haramnya Rokok buat seluruh pengurus MUI, anak-anak, serta perempuan yang sedang hamil/menyusui. Adapun pengurus AGPAII Provinsi DKI Jakarta periode 2009 s.d 2013 adalah sebagai berikut :

SUSUNAN PENGURUS WILAYAH

ASOSIASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INDONESIA (AGPAII)

Ketua Umum : Misa Mahfud, M.A SMKN 12

Ketua I : Sofwani, S.Ag SMAN 75

Ketua II : Drs. Mahfud Siraj, SH SMPN 259

Ketua III : Drs. H. Maswan SDN Pesanggrahan

Sekretaris Umum : A. Syauqi, S.Ag SMAN 1

Wakil Sekretaris I : Syaiful Anwar, S.Ag SMKN 4

Wakil Sekretaris II : A. Bahrudin, S.Ag SMPN 271

Wakil Sekretaris III : Mansur, S.Ag SDN Lagoa 12

Bendahara Umum : Dra. Nelty Khoiriyah,M.Ag SMKN Jak-Pus 1

Wakil Bendahara I : Abidan Harahap, S.Ag SMAN 57

Wakil Bendahara II : Feriyadi, S.Hum SMPN 11

Wakil Bendahara III : H. Imam, S.Ag SDN Palmerah 19

BIDANG-BIDANG :

  1. Kurikulum dan Evaluasi :

H. Muhani, S.Ag SDN Pademangan Timur 09 Pg

Rusimah, S.Ag SMPN 75

Drs. Ubaidillah SMAN 114

Drs. M. Dawam SMKN 45

  1. Ketenagaan dan Kesra :

Drs. Baihaqi SDN Keb. Lama 11 Pg

A. Yaenuri, S.Ag SMPN 277

Taefuri, S.Ag SMAN 92

Drs. A. Nizar SMK Nusantara

  1. Kelembagaan dan Organisasi :

Mara Sungai, S.Ag SDN Kebon Jeruk

Roziah, S.Ag SMPN 134

H. Tasroni, B.A SMAN 81

Syaefudin Zuhri, S.Ag SMKN 27

  1. Kesiswaan :

Hj. Khaerani SDN Jak-Pus

Ratnawati,M.Ag SMPN 127

Fadlan Jani, ST SMA Islam Asysyafi’iyah 02

Drs. HM Tuan TS SMKN 36

  1. Humas :

Idris, S.Pd SDN Pondok Labu 03 Pg

Sobari, S.Ag SMPN 250

Taskilah, S.Ag SMAN 75

Andayani, S.Sos.I SMKN 33

6. Litbang :

H. Sunarno SDN Bukit Duri 07 Pg

Mardiah, S.Ag SMPN 75

Drs. Jara Juhara SMAN 80

Drs. Ishak Dakir SMKN 49

  1. Bantuan Hukum (Advokasi) :

H. Aleq Masyrofi SDN Rawa Badak Selatan Pt

Khaerudin, S.Ag SMPN 119

Drs. M. Amin SMAN 18

Priyatna Iskandar,S.Ag S.E,M.PdI SMKN 56

2 Comments to “SEKILAS SEJARAH BERDIRINYA ASOSIASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INDONESIA ( AGPAII ) & DIKUKUHKANNYA DPW AGPAII PROVINSI DKI JAKARTA PERIODE 2009 s.d 2013”

  1. Assalamu’alaikum wr wb,
    Slm knal utk rekan2 trutama para Pengurus AGPAII DPW Prop.DKI, wabil khusus akhi Misa Mahfud yg punya Blog ini,
    Sy dr pengurus AGPAII DPD Kota Bekasi ingin meminta tlong kpd akhi sekiranya bisa untuk mengirimi kami ( lwat email ) ART di bidang Advokasi. Kami berencana untuk membuat AD/ART beberapa minggu lagi tpi kami dari bidang Advokasi agak kesulitan untuk membuat rancangan program kerja, krna di AD/ART DPP tdk ada dan kami mendapat gambaran ttg ini blm makismal. Sblumnya kami ucapkan trima ksh, jazakumullaahu khoiron katsiiroo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: