Pengembangan Kurikulum: Merancang Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK Tagged with: Disain Mutu Lulusan

clip_image001Pendukung kinerja belajar yang efektif dan kreatif, keunggulan mutu pembelajaran dapat pendidik kembangkan melalui pendayagunaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Di bawah ini terdapat beberapa model proses belajar, sumber belajar dan produk belajar yang dapat pendidik kembangkan dalam RPP. Untuk memudahkan implementasnya, contoh kita terapkan dalam pendidikan agama Islam dengan merujuk pada pengembangan kemampuan berpikir model Taksonomi Bloom.

Mengingat (Remembering)

No Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK Sumber Belajar Produk
1 Menamai file Pedoman  aplikasi Word, Excell, power point Memberikan kode pada penamaan file
2 Meringkas materi kedalam bentuk bullet pointing PraktePower point, word, Membuat bullet, pointing, colouring mengenai informasi penting
3 Mengidentifikasi  web dan nara sumber yang mendukung materi tafsir Mozilla firefox, internet explorer Membookmarking/ favouriting web atau nara sumber terkait
4 Menceritakan kembali topik diskusi yang ada di situs jejaring sosial situs masjid Facebook, twitter Mendaftar sebagai anggota di situs jejaring sosial, situs dagang
5 Menjelaskan ulang informasi penggunaan internet sebagai sumber belajar keislaman Search engine : Google, yahoo, msn Melakukan pencarian data melalui search engine (googling)

Memahami (Understanding)

No Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK Software/fasilitas pendukung Produk
1 Mengutarakan pendapat tentang masjid online kompas.com; detik.com; Memberikan komentar mengenai tulisan di masjid online.
2 Mengidentifikasi perjuangan umat  di dalam komunitas internasional Time Line (Perkembangan Sejarah dalam garis waktu) Mengklasifikasikan file, website dan bahan ke dalam folder
3 Mendiskusikan topik pelajaran sejarah perkembangan Islam Forum di internet(forum my masjid) Menyampaikan opini dalam  forum internet
4 Menjelaskan ulang materi pelajaran ke dalam blog wordpress.com, blogspot.com, multiply.com Laporan berupa catatan dan tugas harian dalam blog
5 Menerjemahkan materi pelajaran berbahasa asing dari internet Internet, google translate, translation2.paralink.com Materi pelajaran dalam dua bahasa

Mengaplikasikan (Application)

No Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK Software/fasilitas pendukung Produk
1 Menguji pemahaman materi Al-Qur’an dan Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih, Tarikh dan Kebudayaan Islam pelajaran melalui e-learning Program e-learning; http://www.islamicacademy. org/index.htm Ringkasan hasil eksplorasi  melalui internet yang disajikan secara tertulis dalam forum.
2 Mengilustrasikan proses biologi perkembangan manusia dalam bentuk flow chart Microsoft office vissio, Power point, word Mengaplikasikan beberapa program pada power point.
3 Mengaplikasikan program excel untuk menghitung zakat Excel Memodifikasi aplikasi program
4 Menguji kemampuan daya nalar dalam membandingkan kekuatan pendapat http://www.factbook.net/muslim_pop.php Memainkan sebuah  berbasis pendidikan
5 Menyusun fakta-fakta sejarah menjadi sebuah kliping / catatan sejarah Islam Web, sejarah Islamhttp://id.wikipedia.

org/wiki/Sejarah_Islam

Mengdownload materi dari  sebuah web

Menganalisis (Analysing)

No Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK Software/fasilitas pendukung Produk
1 Mengintegrasikan data, tabel, grafik dan flow chart ke dalam sebuah artikel Word, excel, visio, blog/web Mengintergrasikan beberapa sumber data ke dalam satu web/blog
2 Menghubungkan topik mata pelajaran yang dipelajari dengan informasi terupdate Google, yahoo dan search engine lainnya Menetapkan link web yang berhubungan dengan materi
3 Menguraikan biografi tentang tokoh sains terkemuka Google, yahoo, wikipedia Ringkasan Biografi tokoh Islam
4 Mereview dan menilai informasi hasil browsing Google, yahoo Memvalidasi ketelitian dan kebenaran data dari web
5 Mengorganisir data yang dimiliki sesuai dengan mata pelajaran dan jenis file Web, blog, pdf, mp2, word, excel Mengorganisir data online

Mengevaluasi (Evaluating)

No Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK Software/fasilitas pendukung Produk
1 Merekomendasikan web/sumber online sebagai bahan belajar Google, yahoo, web, blog Daftar dan link web yang direkomendasi untuk dipelajari
2 Mengkritisi sebuah topik yang sedang dibahas Forum diskusi online Mengomentari topic tertentu  pada forum diskusi
3 Menilai kelayakan suatu karya untuk ditampilkan ke publik Forum online sekolah, Memoderatori sebuah forum diskusi
4 Memantau kemajuan kolaborasi Web/blog/forum Membangun kolaborasi dan jaringan di situs social dunia Islam
5 Meningkatkan efektivitas penggunaan web sebagai media belajar e-learning Membuat link dengan beberapa situs yang relevan

Menciptakan (creating)

No Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK Software/fasilitas pendukung Produk
1 Menciptakan aplikasi program  sederhana Power point, excel Mengembangkan kreasi dengan power point, Mengembangkan kreasi kreasi gambar dan foto
2 Menciptakan aplikasi multimedia sederhana Adobe photoshop Mengembangkan animasi sederhana untuk mengemas gambar dalam karya siswa.
3 Medesain tampilan blog/website pribadi Webhosting gratis Website / blog gratis untuk kelompok kerja
4 Berkolaborasi menghasilkan suatu karya untuk dipublikasikan secara online Internet, blog, website Mengembangkan kerja sama mengembangkan karya tulis bersama berbasis jaringan internet.
5 Membuat rekaman kegiatan sekolah/ karya dalam bentuk audio (podcasting) Software atau pemutar mp3, perekam audio, Hasil rekeman kegiatan keagamaan  untuk dipublikasikan secara online
6 Merancang web/blog komersial Web, blog Memiliki toko usaha online untuk memenuhi keperluan pengembangan keagamaan

Tagged with: Disain Mutu Lulusan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: