SINERGI

sinergi

Sinergi adalah berasal dari singkatan kata syncronize energy. Kalau dibahasakan dalam tulisan matematiknya yaitu… 1 + 1 lebih besar dari 2. Jika anda dapat menghasilkan 10 (sepuluh) dan rekan anda juga dapat menghasilkan 10 (sepuluh), dan bila hasil bergabung anda dengan rekan anda sebesar 20 (duapuluh) atau kurang, maka sebaiknya anda tidak perlu bergabung dengan rekan anda.

Salah satu syarat utama untuk dapat bersinergi adalah masing-masing pihak harus bisa menghargai perbedaan, karena sinergi yang terbaik adalah antara dua pihak yang berbeda.

Contoh 1 :

clip_image005 clip_image006 clip_image005[1] clip_image006[1] clip_image007 clip_image008

+ = + + +

ibu bapak ibu bapak anak anak

Persyaratan penting lainnya untuk terjadinya suatu sinergi adalah walaupun keduanya sebaiknya memiliki bakat, pengetahuan dan keterampilan yang berbeda, tatanilai utamanya haruslah sama.

clip_image009clip_image009[1]Contoh 2 :

clip_image010 clip_image010[1]

+ =

Contoh gambar di atas menunjukkan, bahwa walaupun kucing jantan dan anjing betina tersebut berusaha menghargai perbedaan, sinergi diantara keduanya tidak mungkin terjadi karena adanya perbedaan spesies.

Dalam kaitan tersebut, sinergi antara dua manusia juga hanya bisa terjadi dengan syarat apabila :

1. Pertama, kedua belah pihak saling menghargai perbedaan fisik, bakat, pengetahuan dan keterampilan, dengan menghargai kelebihan dari pihak lainnya.

2. Kedua , masing – masing memilik core values (tatanilai utama) yang sama.

Dengan demikian, apabila dua pihak ingin melakukan Sinergi perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Ada baiknya menggali terlebih dahulu tatanilai utama yang dianut oleh masing-masing pihak. Apabila ada perbedaan, usahakan untuk melakukan penyesuaian yang bisa diterima masing-masing pihak. Menyamakan tatanilai merupakan persyaratan utama yang harus dilakukan sebelum kedua belah pihak bersinergi.

2. Langkah berikutnya adalah menggali kelebihan dan keterbatasan dari masing-masing pihak. Dengan demikian, gabungan keduanya bisa saling menggunakan kelebihannya masing-masing, saling mengisi keterbatasan masing-masing, dan mensiasati keterbatasan tersebut apabila tidak bisa diisi oleh pihak yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: