Motivasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

PAI

Hal lain yang juga sangat penting pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah motivasi. Menurut Oemar Hamalik, “Motivasi adalah perubahan energi pada diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan”.[1] Motivasi dapat dibagi menjadi dua jenis:

1. Motivasi Intrinsik,

Motivasi intrinsik adalah motivasi yang tercakup di dalam situasi belajar dan menemui kebutuhan dan tujuan-tujuan murid. Motivasi ini disebut motivasi murni karena timbul dari diri siswa sendiri, misalnya keinginan untuk mendapat keterampilan tertentu, memperoleh informasi, mengembangkan sikap untuk berhasil, dll.

2. Motivasi Ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik, adalah motivasi yang disebabkan oleh faktor-faktor dari luar situasi belajar, misalnya ijazah, tingkatan hadiah, medali, dll. Motivasi ini tetap diperlukan di sekolah, sebab pengajaran di sekolah tidak semuanya menarik minat siswa. Oleh sebab itu motivasi perlu dibangkitkan oleh guru, sehingga siswa mau dan ingin belajar.

Dari uraian di atas peneliti berpendapat bahwa dengan adanya motivasi siswa dalam belajar, maka aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga akan meningkat. Sehubungan dengan itu aktivitas siswa yang telah termotivasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat disimpulkan sebagai berikut:

a. Mengajukan pertanyaan

b. Menjawab pertanyaan siswa maupun guru

c. Memberi saran

d. Mengemukakan pendapat

e. Menyelesaikan tugas kelompok

f. Mempresentasikan hasil kerja kelompok


[1] Hamalik, Proses Belajar Mengajar, h. 158.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: