LAPORAN PENYELENGGARAAN USBN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD, SMP, SMA/SMK 2010

depag

I. LATAR BELAKANG

Posisi strategis Pendidikan Agama :

1. UUD 1945 pasal 31, ayat (3) :

Pemerintah mengusahakan dan menyelenggara-kan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

2. Seyogianya nilai-nilai agama harus dijadikan core values bagi semua disiplin ilmu yang dikembangkan. UUD 45 pasal 31, ayat (5) : pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk memajukan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.

3. Pembedaan mata pelajaran berdasarkan ujian (UN dan non UN).

4. Hasil monitoring dan evaluasi Kemenag : terdapat soal-soal UAS PAI yang belum memenuhi standar.

5. Mencegah masuknya paham dan aliran sempalan, eksklusivisme, radikalisme ke dalam kurikulum pendidikan agama.

II. LANDASAN YURIDIS

1. UUD 1945 (amandemen) pasal 31 ayat 4.

2. UU no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 4.

3. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pasal 64 ayat 3.

4. Peraturan Pemerintah no. 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

5. Permendiknas no. 22 tahun 2006 tentang SI, no. 23 tentang SKL, dan no. 24 tentang pelaksanaan SI.

6. Rencana Pemerintah Jangka Menengah (RPJM) tahun 2010 yang mengamanatkan pentingnya akses peningkatan mutu pendidikan

7. SK. Dirjen Pendidikan Islam Nomor Dj.I/89/2009 tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SD, SMP, dan SMA/SMK.

III. PENGERTIAN

USBN PAI merupakan ujian akhir sekolah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memenuhi kualitas standar nasional dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan pada setiap jenjang pendidikan.

IV. TUJUAN

Umum : meningkatkan mutu PAI sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional.

Khusus :

1. Meningkatkan kewibawaan PAI sebagai salah satu mata pelajaran pada tingkat satuan pendidikan.

2. Meningkatkan motivasi dan kesungguhan peserta didik dalam mempelajari PAI.

3. Mengevaluasi kinerja satuan pendidikan melalui pemetaan berdasarkan pencapaian hasil belajar, baik pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

4. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI.

V. FUNGSI

1. Salah satu dasar pertimbangan dalam penentuan kelulusan.

2. Perbaikan pembelajaran PAI pada sekolah;

3. Peningkatan apresiasi masyarakat terhadap PAI;

4. Menumbuhkan motivasi peserta didik dan pendidik terhadap PAI.

VI. RUANG LINGKUP

1. Aspek kognitif, melalui ujian tulis.

2. Aspek psikomotorik dievaluasi oleh guru PAI melalui ujian praktik.

3. Aspek afektif/akhlak mulia dievaluasi oleh guru PAI melalu pengamatan.

VII. DAERAH PENYELENGGARA

UASBN PAI tahun 2010 dilaksanakan di seluruh provinsi pada 144 daerah kabupaten/kota.

VIII. TANGGAPAN DAN MASUKAN

A. Kabupaten/kota

1. Chuzaini Mustaz, Kadispendik Kabupaten Gresik, Jatim :

“merespon positif dan melaksanakan USBN PAI”.

2. DI. Yogyakarta : mengikutsertakan satu kabupaten yaitu Bantul karena terkendala

pendanaan.

B. Peserta Didik

1. Tertantang untuk belajar lebih baik lagi, 86,5%.

2. USBN dapat meningkatkan kualitas belajar PAI, 80,2%.

3. Mencapai prestasi PAI yang lebih baik, 73%.

4. Mempunyai perencanaan mencapai target, 58%.

5. Semakin menyukai PAI, 86,7%.

6. Kedisiplinan mengikuti pelajaran PAI, 55%.

7. Lebih baik dalam belajar PAI, 84%.

C. Guru PAI

1. Tertantang untuk meningkatkan kompetensi, 74,3%.

2. Kendala dalam peningkatan kompetensi : 43,2% dana,

31,1% waktu, 21,6% tenaga.

D. Orang tua/Wali

1. PAI diUSBNkan, 53% sangat senang, 31% senang.

2. Memotivasi belajar peserta didik, 84% tertantang.

3. USBN PAI dapat meningkatkan prestasi, 96,8%.

E. Media Masa

1. Rakor USBN : http://www.pendis.kemenag.go.id/pais

2. MGMP PAI SMP Kota Tangerang: Sosialisasi USBN 2010

http://mgmppaismpkotatangerang.blogspot.com

3. Kelulusan Siswa SD Tergantung Sekolah

http://cetak.bangkapos.com/etalase/read/32427.html

4. KURIKULUM: PAI Masuk USBN Disetujui dan

5. UJIAN NASIONAL: Tujuh Daerah Ikuti Uji Coba USBN PAI

http://kesekolah.com/component

6. Terkendala Dana, USBN PAI DIY Hanya Untuk Bantul

http://www.krjogja.com/krjogja/news

7. Bantul Uji Coba Pendidikan Agama dalam USBN

http://edukasi.kompas.com

8. Bulungan Uji Coba USBN PAI http://www.radartarakan.co.id/index.php/kategori/detail/Bulungan/5004

F. Tim Monitoring

1. Prof. Dr. H. AF. Wibisono, MA. (UIN Jakarta) :

“USBN PAI berjalan dengan baik, lancar, tertib dan berwibawa dengan dukungan Pemda/Pemkot, Disdik dan Kemenag Kab./Kota”.

2. Dr. A. Hanief Saha Gafur (UI) :

“semoga USBN PAI dapat menjadi solusi peningkatan mutu PAI, oleh karena itu harus dikelola dengan baik sehingga ada korelasi positif antara pendidikan dengan keberagamaan, perilaku dan tindakan moral siswa di

masyarakat.

G. Komite Sekolah

Komite Sekolah SD di Gresik :

“merasa senang dengan pelaksanaan USBN PAI. Seharusnya USBN PAI sudah dilaksanakan sejak lama karena mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim,

sistem ujian tersebut merupakan kebutuhan pendidikan Agama.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: