KTT ASEAN 2011

KTT 2011

“Jangan sampai kesempatan yang sudah ada dalam genggaman ini lepas begitu saja. Tapi semua itu tergantung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kalau bangsa Indonesia ingin dihormati, tentunya kesempatan ini tidak akan disia-siakan,” katanya di Malang, Jumat.

Ia mengemukakan, KTT ASEAN di Jakarta seperti mengulang sejarah ketika Presiden Soekarno mengumpulkan para pemimpin negara di Benua Asia dan Afrika dalam KTT Asia-Afrika.

Ia mengemukakan, KTT ASEAN yang dilangsungkan di Jakarta, 5-8 Mei 2011 menjadi momentum strategis Indonesia untuk berperan aktif dalam perpolitikan internasional sekaligus membangun kesatuan dan karakter bangsa Indonesia untuk memimpin ASEAN.

Mas`ud yang juga dosen FISIP UMM itu menilai, infrastruktur di Indonesia cukup bagus dan mendukung, struktur ekonomi juga mulai membaik, bahkan nilai tukar rupiah juga terus menguat, serta upaya menanggulangi terorisme juga bisa dibilang sukses.

Mas` ud yang juga Direktur ACICIS UMM itu menyatakan tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa memperkokoh posisi Indonesia di dunia internasional.

“Upaya memperkokoh posisi itu bisa dimulai dari kepemimpinan Indonesia di ASEAN,” katanya.

Ia menyarankan, dalam setiap pertemuan pada rangkaian KTT ASEAN hendaknya para perwakilan Indonesia yang terlibat juga menyelipkan berbagai agenda penting untuk memperkokoh posisi Indonesia di lingkungan negara-negara Asia Tenggara tersebut.

“Saya yakin Indonesia bisa berbuat banyak untuk memperkokoh posisinya termasuk dalam perpolitikan internasional dan upaya itu bisa dimulai dari skala regional Asia Tenggara, yakni KTT ASEAN yang saat ini sedang berlangsung di Jakarta,” katanya. ( REF : PUBLIK )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: