KPK Endus Pejabat Indonesia Transaksi Suap di Luar Negeri

kpk1

Selasa, 10 Mei 2011 11:57 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengendus informasi tentang transaksi suap yang melibatkan penyelenggara negara, pengusaha, dan politikus Indonesia yang dilakukan di luar negeri. KPK melakukan kerjasama dengan lembaga penegak hukum di sejumlah negara untuk memberantas modus suap seperti itu.
“Indikasi suap di luar negeri yang dilakukan penyelenggara negara kita memang sudah dengar, “ kata Wakil Ketua KPK, M Jasin, di konferensi internasional bertajuk ‘Pemberantasan Suap pada Transaksi Bisnis Internasional’ di Nusa Dua, Bali, Selasa (10/5).
Menurutnya, hal tersebut dilakukan oleh  mereka untuk mengganti modus operandi yang selama ini dilakukan secara tradisional. Artinya,  mereka yang melakukan transaksi suap di luar negeri tersebut berpikiran bahwa KPK tidak akan menangkap karena tidak memiliki aturan hukum soal hal tersebut.
Namun, Jasin mengatakan KPK telah melakukan kerjasama dengan  lembaga penegak hukum di berbagai negara untuk memberikan informasi kepada KPK tentang praktik tersebut. Setelah KPK mendapatkan informasi, maka KPK akan segera melakukan tindakan.
Jasin mengakui pihaknya saat ini memang memiliki kelemahan untuk menangkap para pelaku suap di luar negeri. Selain tidak memiliki aturan hukum, KPK juga terkendala pada keterbatasan biaya untuk mengirimkan tim investigasi ke sana. “Tapi, percaya kami. Kalau informasinya sudah akurat, pasti kami akan mengirimkan tim untuk menangkap mereka,” kata Jasin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: