UNGKAPAN DPR TENTANG KKN DALAM PENERIMAAN CPNS DI DAERAH

KORUPSI

Jakarta (ANTARA) – Sejumlah anggota Komisi II DPR RI mengungkap kasus kolusi, korupsi dan nepotisme dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di berbagai daerah meminta aparat serta Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengusut hal tersebut.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi II DPR dalam rapat kerja dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan di Gedung DPR/MPR di Senayan Jakarta, Senin.

Almuzzammil Yusuf (Fraksi PKS) mempertanyakan kenapa seleksi CPNS tidak menggunakan komputerisasi sehingga dapat menghindari KKN maupun suap di lapangannya.

“Apakah seleksi CPNS dapat langsung menggunakan komputerisisasi sehingga menghindari KKN,” katanya.

Menurut Almuzzammil, Komisi II DPR harus turun ke lapangan mengawal proses rekrutment CPNS di daerah-daerah. “Saya mendapat informasi di Dapil saya para calon pegawai dimintai uang sebesar Rp120 juta,” katanya.

Abdul Wahab Dalimunthe (Fraksi PD) juga menyayangkan penerimaan pegawai CPNS yang cenderung penuh suap bahkan, di daerahnya bisa mencapai Rp200 juta. Seharusnya, pemerintah daerah melakukan kerja sama dengan universitas dalam proses rekutment tersebut.

“Jika memungkinkan kita undang universitas-universitas ke Komisi II guna membicarakan proses mekanisme tersebut,” katanya.

Abdul Gafar Patappe dari Fraksi PD menilai kasus perkasus penerimaan CPNS cenderung berada di daerah khusus BKD, bahkan kasus suap penerimaan CPNS berkisar Rp100-200 juta.

“Menpan harus mengambil tindakan tegas sehingga kasus suap tidak terjadi lagi,” katanya.

Sementara Alexander Litay dari Fraksi PDIP mengatakan, kebijakan reformasi pusat ternyata tidak sampai ke daerah apalagi dikaitkan dengan penerimaan CPNS yang sarat KKN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: