MEMPERINGATI TAHUN BARU HJRIYAH 1 MUHARRAM 1433 H

Kanwil DKI

 

Bulan Muharram bagi umat Islam dimaknai sebagai bulan hijrahnya Nabi Muhammad saw, dari Mekah ke Madinah. Oleh karena itu, inti dari peringatan tahun baru Hijriyah adalah soal perubahan, mari kita jadikan momen pergantian tahun ini menjadi semangat untuk mengubah diri menjadi lebih baik.

Mari berusaha dengan niat yang ikhlas karena Allah, agar tahun baru ini jauh lebih baik daripada tahun kemarin dan memberi banyak manfaat bagi keluarga, masyarakat, agama, bangsa dan negara… amin…

Buatlah kegiatan yang dapat menyentuh dan memberdayakan masyarakat, khususnya para kaum dhuafa.

clip_image002

Artinya : “Katakanlah : “Perhatikan terhadap apa yang ada di langit dan di bumi…”

(QS.Yunus {10} : 101)

Kemudian QS. Ar-Rahman {55} : 33

clip_image004

Artinya : “Hai golongan jin dan manusia jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah , kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan “

PENERAPAN AL-QUR’AN DALAM KEHIDUPAN MODERN

Perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan dewasa ini sedemikian majunya. Melalui hasil pengamatan, penyelidikan dan penelitian , manusia sudah mampu mengungkapkan rahasia-rahasia alam dan menciptakan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih dalam berbagai bidang antara lain :

1. Bidang telekomunikasi (alat yang dapat mempersingkat jarak, ruang dan waktu), seperti telepon, televisi, telegram, radio, internet dan lain-lain.

2. Bidang transportasi, seperti motor, mobil, kapal laut, pesawat, pesawat ualng alik dan lain-lain.

3. Bidang ilmu pengetahuan (yang dapat bekerja lebih cepat dan tepat) seperti e-learning yaitu belajar dengan menggunakan seperangkat komputer/lab top dengan internet (guru dimana saja bisa mentransfer ilmu kepada siswa/santrinya lewat pengolah kata (word, powerpoint dll) dan akses informasi (situs, mailing list, web, browshing, chatting dll)

Sebegitu banyak penemuan hasil ciptaan manusia yang serba canggih, modern menyebabkan manusia dapat berubah pola hidup dan pola pikir yang mengacu kepada era globalisasi.

Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang universal dan bertaraf internasional, mengarahkan dan mendorong manusia agar sukses dalam menempuh kehidupan ini. Supaya berhasil mencapai manfaat kemanusiaan (khaerun nasi anfa uhum linnas) , maka diperlukan keterpaduan antara IPTEK dan IMTAQ sesuai logo yang ada di YPKP ini.

Materi akan disampaikan ketika menjadi penceramah di Ponpes Al-Kautsar YPKP Sentani Jayapura Papua. Ahad, 26 Nopember 2011 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: