5 PRINSIP TUJUAN SYARI’AT DALAM AJARAN ISLAM

misa

Rasulullah SAW diutus oleh Allah SWT adalah pembawa syari’at untuk keselamatan dan kesejahteraan manusia. Sedangkan tujuan syari’at ada 5 prinsip aturan, aturan yang harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

1. clip_image002 adalah menjaga dan melaksanakan agamanya.

Menurut Prof.Dr.Moh.Saltut Ad Din adalah ketetapan Ilahi yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan pedoman hidup.

Menurut Moh.Abdullah Badar guru besar Universitas Al-Azhar Kairo Mesir bahwa agama adalah hubungan antara manusia dengan Kholiqnya atau Tuhannya. Hubungan ini dalam bentuk ibadah mahdah (hubungan pertikal) dan ghoiru mahdah (hubungan herizontal). Lantas ada pertanyaan apakah agama dalam konteks zaman modern sekarang dibutuhkan ?

Pendapat Kaum Sekuler jawabannya bahwa agama tidak perlu, kemudian pendapat dari Kaum Hedonis bahwa agama adalah candu bagi manusia (racun bagi manusia). Dalam pandangan Islam bahwa agama sangat dibutuhkan karena agama kebutuhan yang mendasar tanpa agama manusia jadi kacau (Bahasa Sansekerta a=tidak , gama=kacau).

2. clip_image004 adalah memelihara jiwa. Manusia di Era Global sekarang ini jiwa manusia tidak

ada harganya , karena hukum yang ada tidak bikin jera buktinya penjambretan di JL Salemba Jakarta Pusat yang menewaskan Siti Sundari guru SMKN 23 Jakarta, Narkoba, hukuman mati dari 15 tahun penjara menjadi 12 tahun penjara Jaksa ini diproses dan adili oleh Dewan Kehormatan MA.

3. clip_image006 Adalah menjaga akal pikiran. Islam adalah agama yang menghormati dan men-

junjung akal dalam Al-Qur’an Afala ta’qilun, Afala tatafakkarun, Afala tadabbarun …

Manusia diberikan oleh Allah SWT akal & hati disamping itu manusia diberikan rintangan berupa godaan dari setan & nafsu. Bagaimana agar kita tidak tergoda?

A. Nasehat yang bisa diajak bicara (Al-Qur’an)

B. Nasehat yang selalu mengajak bicara (Alam)

C. Nasehat yang tidak bisa bicara (Kematian)

Kebebasan akal diekspresikan dalam bentuk yang membawa manfaat bukan membawa bahaya (mudhorot).

4. clip_image008 adalah memelihara keturunan. Islam adalah agama yang menghormati keturunan sehingga hubungan manusia supaya keturunan baik melalui pernikahan, jelas nasabnya bukan dengan free sex, free love (kumpul kebo) yang tidak jelas nasabnya. Berapa banyak bayi yang lahir diluar nikah atau MBA (merried by accident) . Makanya dalam kitab Tarbiyatul Awlad karangan Dr.Nasih Ulwan bahwa jadikan rumah masjidnya, jadikan rumah madrasatul ula (pendidikan pertama anak dari orang tuanya di rumah) serta jadikan rumah sebagai tempat kembali.

5. clip_image010 adalah memelihara harta. Islam adalah ajaran yang menganjurkan mencari nafkah dari yang halal “ waahallallahul bai’a waharramar riba” artinya dan Allah halalkan jual beli dan mengharamkan riba. Tapi orang sekarang mencari nafkah dengan menghalalkan segala cara seperti membuat baso sapi dicampur babi di pasar Cipete Jaksel, tahu dll dicampur formalin, minyak curah yang sudah berkali-kali digoreng didaur ulang. Mereka ingin untung besar tapi memakai cara haram/membuat mudhorot orang lain maka benarlah dalam kitab Nashoihul Ibad “ yarfa’ulloha albarakat min kasbihim” artinya Allah akan mencabut/mengangkat keberkahan dalam usaha mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: