JANNAH CUP

Tidak terasa kita sudah memasuki hari ke-5 berpuasa di Bulan Ramadhan 1434 H .

Puasa ada 3 tingkatan yaitu : 1. Puasa ‘am (umum); Orang yang berpuasa cuma menahan lapar & haus saja, 2. Puasa Khas (khusus); Orang yang berpuasa yang disertai imanan wahtisaban ketika dia akan mengalami kemalasan untuk beribadah maka do’a harus Allahumma Paksaain untuk taraweh/tadarus Al-Qur’an , 3. Puasa Khas to Khas (puasanya Para Nabi, Para wali dll); mereka yang mengerjakan semua ibadah karena mencari ridho Allah SWT bukan ingin syurga ataupun takut neraka.

Puasa dibagi 3 tahap yaitu : 1. Rahmah (kasih sayang), 2. maghfiroh (ampunan), 3. Itqum minan nar (terbebas dari api neraka).

Pada bayi terbentuk 3 lapisan ketika dalam rahim seorang ibu yaitu ectoderm (lapisan luar), mesoderm (lapisan dalam) dan endoderm (lapisan luar).

Manusia hidup mempunyai 3 masa yaitu : 1. masa kanak-kanak dimana ketika itu adalah masa pertumbuhan dari apa yang dimakan dia akan mengalami pertumbuhan , 2. masa muda/remaja adalah masa keemasan penuh dengan kesenangan, 3. masa tua adalah masa penuh dengan tafakkur berusaha hati-hati dalam bertindak ketika salah makan akan menyebabkan penyakit (beda ketika kecil makan apa saja sehat) begitu juga ketika beribadah / sholat .

Ada 3 macam orang yang tidak terkena kewajiban sholat yaitu : 1. anak kecil sampai ia baligh, 2. orang yang lupa, karena tidak ingat 3. orang yang gila.

Ada 3 macam waktu yaitu : 1. waktu yang lalu, 2. waktu terkini/sekarang, 3. waktu yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: