PENYUSUNAN KISI-KISI & SOAL USBN PAI SMK TAHUN ANGGARAN 2013 SUBDIT PAI PADA SMK KEMENAG RI

kisi 2 usbn pai

Hari/Tgl: Senin sd Rabu, 16-18 Sept 2013

Tempat: Hotel Le Dian Serang Banten

clip_image001

A. Kegiatan Perkenalan

B. Pembekalan dari Kasubdit: Dr H. Halfian Lubis, SH, MA

1. Kenapa USBN: a). US PAI banyak tidak berwibawa (misalnya soal disusun menyalahi standar, ada soal yang bagus (banten), tapi hanya 10 -15 menit sudah keluar. b). Hampir seluruh pakar, menilai bahwa USBN PAI mengangkat derajat dan martabat PAI.

2. Maarif ikut USBN, jk ada itu hanya di pelosok2 saja. Sedangkan, Muhammadiyah hanya terkait dengan materi ke-Muhammdiyah-an yang tergabung dalam Al Islam

3. Jika di daerah ada beda2 perlakuan. Jadikan itu sebagai tantangan dan sebuah perjuangan yang harus ditegakkan.

4. Tugas MGMP menyusun soal yang baik dan bagus sesuai standar yang ada

5. USBN sudah mendapat pengesahan dari BSNP.

C. Sambutan Sekretaris Ditjen Pendis Kemenag RI Bp Prof.Phil.H.Kamaruddin Amin, MA

1. Senang dengan GPAI

2. Alumni Belanda & Jerman

3. Menurut penelitian Word Bank, Indonesia terbaik ke-4 dunia dari sisi Aksesibilitas, namun dari aspek kualitas perlu pembinaan

4. Bertemu dengan GPAI sangat tertarik

5. Indonesia sekarang ini jumlah anak-anak yang usia sekolah 88 juta. Ini bonus geografi. Ini menjadi modal juga bisa menjadi boomerang

6. Tahun 2045 Indonesia menjadi Negara yang maju

7. Jepang saat ini hamper 20% sudah berumur 60 tahun, jadi mereka kebanyakan nenek kakek . Sopir taksi, di pasar, di tempat-tempat umum semua orang tua. Demikian juga dengan Eropa dan negara maju. Perbedaannya di Negara maju itu banyak pendatang/migrant. Penduduk asli mereka banyak yang tua-tua, karena mereka hidup hedonis dulu.

8. Orang Islam suka melahirkan, oleh karena itu Negara-negara maju merasa terancam secara demografi/kependudukan

9. Mari kita sama-sama memainkan peran kita dengan maksimal, karena ada 43 juta siswa yang harus dibina

10. Oleh karena itu harus ada langkah-langkah strategis yang harus diambil

11. Pesan beliau agar kegiatan ini dapat bermanfaat

D. Pesan Pak Ramli Zakaria:

Jika kita professional: ada 3 yang dicapai (mendapatkan rezeki yang halal dan berkah, prestasi diraih, dan pahala dari Allah SWT). Begitu juga, saat menjadi pelajar, ada 3 juga yang dicapai: … prestasi (ijazah), dan pahala dari Allah SWT

Hari / Tanggal : Selasa, 17 September 2013

E. Pemateri : Drs. Safari, M.A.,APU (IV/e)

Diawali para peserta mengisi questioner langsung dikumpulkan ke Bp Safari.

Perkenalan seputar pengalaman beliau belajar. Dalam hidup ini jangan bertanya setiap kegiatan ada sertifikatnya tidak ? tetapi harusnya ilmu yang bermanfaat bukan sertifikat yang bermanfaat.

Penawaran Bp Safari kepada para peserta dari “Bahan Diskusi & Praktik Dalam Penyusunan Kisi-Kisi Soal PAI SMK USBN” meliputi 1. Tujuan, 2. Contoh Malapraktik, 3. Kisi-Kisi Yang Baik, 4. Langkah Penyusunan, 5. Validasi Kisi-Kisi, 6. Penggunaan Bahasa, 7. Menuntut Penalaran Tinggi, 8. Kesimpulan.

Mengamati gambar seorang anak jatuh karena kulit pisang (Apa Tujuan Membuat Kisi-Kisi/Soal/Tes/Pertanyaan menjatuhkan siswa maka out putnya akan jelek).

A.Tes PG

B. Tes Uraian beda dengan (isian = pertanyaan & jawaban singkat= pernyataan)

C. Praktek ada tiga macam yaitu : 1. Kinerja (Performence/dibuktikan langsung) ,2. Projek (Di Pekerjaan Rumah kan),3. Diprodukkan (Hasil Karyanya)è Dipakai pada praktek ujian sekolah.

Contoh : Tulislah Qur’an surat Al-Fatihah ! itu tes tertulis atau tes praktek ? itu adalah tes tertulis untuk praktek harus disuarakan.

KKM untuk dihilangkan pada Kurikulum 2013 atas usul Bp Safari

Untuk mengetahui apakah materi yg sdh kita ajarkan sudah tuntas atau belum tuntas ? UKRK ( Urgensi, Kontinyuitas, Relevansi, Keterpakaian)

Soal yang baik adalah 1. Valid/shahih (satu persatu tes), 2. Reliabel (tes perpaket), 3. Usebel (praktis)

Kisi-kisi teknik perumusan indikator soal. Rumus Indikatornya :

Disajikan …, siswa dapat menentukan …

C              A                     B

dengan tepat

D

Rumus Indikator :

A = audienceB = behaviour

C = condition

D = degree

F. Penjelasan umum pembuatan kisi2 & soal USBN PAI SMK oleh Drs.Abd Rahman (ciri2 soal yang baik)

1. Soal yang baik adalah apabila telah memenuhi syarat (ada stimulus & sesuai SK KD)

2. Pokok soal jangan mengandung negatif ganda (ada tidak, kecuali ….)

3. Panjang rumusan jawaban harus sama

4. Pilihan jawaban yg berbentuk angka harus disusun dari yang paling besar /kecil

5. Gambar harus jelas

6. Setiap soal harus menggunakan kaedah yang benar

7. Jangan menggunakan bahasa setempat

8. Pilihan jawaban jangan mengulang

G. Penjelasan Klasifikasi C dalam soal oleh Drs Edi Sasongko

1. C.1 = ingatan/hafalan

2. C.2 = pemahaman

3. C.3 = penerapan

4. C.4 = analisis

5. C.5 = sintesis

6. C.6 = evaluasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: